Cara Update BitDefender Online & Offline




Dari sekian banyak aplikasi antivirus, BitDefender termasuk salah satunya dari antivirus yang menyediakan update baik online maupun offline. BitDefender tidak menyediakan file update yang bisa digunakan untuk semua versi ataupun jenis antivirus. Untuk melakukan update, terutama update secara offline harus memperhatikan versi antivirus BitDefender yang diinstalasikan. Ada dua versi update yang diberikan BitDefender, yaitu update untuk versi Home Edition dan update untuk Bussiness Edition. Di sini hanya akan dibahas cara update untuk versi 10 (free edition). Tidak banyak perbedaan untuk cara update di antara keduanya yang dapat dilakukan secara online maupun offline. Untuk update secara online bisa dilakukan dengan cara automatic update dan non automatic update, sedangkan untuk update offline dilakukan dengan mengunduh (download) file update yang selanjutnya dilakukan proses update. Berikut ini adalah cara update BitDefender baik secara online maupun offline.

Untuk keseluruhan versi, ada 3 macam jenis update BitDefender, yaitu:
Updates for antivirus engines, berisikan update virus database (virus definition update)
Updates for the antispyware engines, dikenal juga dengan antispyware update.
Product upgrades, yaitu update untuk menaikkan versi program atau dikenal dengan product update.

Update BitDefender Online – Automatic
Ketika pertama kali menginstalasikan BitDefender, setelan (setting) standar untuk update adalah automatic update. Keuntungan automatic update, pengguna tidak perlu lagi memilih ataupun mengatur jenis update yang dibutuhkan. Auto update BitDefender secara otomatis akan mengunduh dan langsung menginstalasi file-file update. Untuk melihat status update, masuklah ke bagian “Update” pada kolom sebelah kiri.
Pada versi 10, perhatikanlah pada bagian “Automatic update settings”. Jika kota yang bertuliskan “Automatic check for updates” diberikan tanda centang, maka status automatic update BitDefender adalah aktif. Di bawahnya terdapat tulisan “Verify every <1> hours”. Artinya, pengecekan update akan dilakukan setiap 1 jam. Setelan periode pengecekan update dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, lihat pada bagian status konfirmasi update di mana terdapat 3 pilihan, yaitu “Silent update”, “Prompt before downloading updates”, dan “Prompt before installing updates”.

Pilihkan di antara ketiga pilihan status automatic update yang akan dijalankan oleh BitDefender sesuai dengan kebutuhan. Untuk menonaktifkan fitur automatic update, hilangkanlah tanda centang pada kotak yang bertuliskan “Automatic check for updates”.

Pada versi berbayar, yaitu versi 2009, fitur automatic update ditemukan pada bagian “Update” (kolom sebelah kiri). Automatic update dikatakan aktif apabila terdapat tanda centang pada kotak yang bertuliskan “Automatic update is enable”. Pengaturan konfigurasi automatic update dapat dilakukan dengan masuk ke tab yang bertuliskan “Setting” (di sebelah kanan “Update”). Pada prinsipnya, pengatura automatic update untuk versi berbayar tidak banyak berbeda dengan versi OEM (v10 Free Edition), kecuali pada tampilan.

Update BitDefender Online – Non Automatic
Update online non automatic disebut juga update secara manual di mana komputer masih terhubung dengan internet. Untuk mengaktifkan update non automatic atau update manual (online), terlebih dahulu harus dipastikan telah menonaktifkan fitur automatic update (lihat tulisan di atas). Langkah selanjutnya masuk ke bagian “Manual update settings”. Di sini diberikan dua pilihan, yaitu “Silent update” dan “Prompt before downloading updates”. Keuntungan update online non automatic, pengguna dapat melakukan update jika diperlukan sehingga akan lebih menghemat bandwidth dan tidak mengganggu pekerjaan. Jika yang dipilih adalah “Silent update”, maka update dengan mengunduh (download) file-file update dan instalasinya akan segera dilakukan. Sedangkan untuk pilihan “Prompt before downloading updates”, BitDefender hanya memberitahukan apabila terdapat update terbaru yang telah siap untuk didownload dan diinstalasikan.

Setelan konfigurasi lainnya berupa “Advanced settings” terdapat dua setelan (setting), yaitu “Wait for reboot, instead of prompting” dan “Don’t update if scan is in progress”. Pada prinsipnya, terdapat beberapa update yang selanjutnya membutuhkan booting ulang (reboot). Untuk pilihan pertama, BitDefender akan tetap menggunakan update sebelumnya hingga akhirnya pengguna melaksanakan booting ulang. Pada pilihan kedua, yaitu “Don’ update if scan is in progress”, update tidak akan dilakukan apabila proses scan sedang berlangsung.

Update BitDefender Offline
BitDefender untuk semua versi baik versi berbayar (paid version) maupun versi gratis (free edition) menyediakan update yang dapat dilakukan secara offline. Sama halnya dengan update secara online, pada update secara offline pun sudah disertakan ketiga paket update yang diperlukan termasuk update versi antivirus. Untuk melakukan update secara offline diperlukan pengunduhan (download) file update yang berekstensi .EXE. BitDefender tidak menyediakan fitur update secara offline, akan harus dijalankan melalui aplikasi update yang sudah disediakan dari BitDefender.

Pada versi 10, terdapat dua macam update yang disediakan BitDefender, yaitu update dalam format file .EXE dan update dalam format file yang dikompresi dengan ekstensi .ZIP. Untuk update dalam format .EXE adalah update mingguan (weekly), sedangkan update dalam format .ZIP adalah update kumulatif (satu bulan). Versi update weekly disediakan untuk menggantikan versi update daily terhitung sejak Maret 2007. Mana yang dipilih?

Weekly Update – Update BitDefender Onine
Update mingguan (weekly update) dari BitDefender adalah update yang dirilis pada setiap hari Jumat. Di dalamnya disertakan paket update untuk virus definitions dan scan engines. Paket update mingguan BitDefender dikemas dalam file berekstensi .EXE. Jika update BitDefender dilakukan rutin setiap 1 minggu sekali, maka file update yang diunduh (download) adalah update mingguan (weekly update). Adapun cara untuk menjalankan update mingguan adalah:

1. Download file update mingguan !! KLIK HERE !
2. Jalankan file update weekly.exe (langsung dobel klik)
3. Ikuti arahan yang disediakan pada Update Wizard
4. Klik terus tombol “Next”
5. Beri tanda centang pada kotak “I accept the terms in the Licence Agreement”
6. Klik tombol “Next”
7. Klik tombol “Install”
8. Klik tombol “Finish”
Proses update telah selesai. Periksa kembali status update BitDefender dilihat dari kode versi update virus definition ataupun tanggal update.


Cumulative Update – Update BitDefender Offline
Update kumulatif atau cumulative update adalah update BitDefender yang berisikan kumpulan update harian (daily) dan update mingguan (weekly) yang dimulai setiap hari Senin. Update kumulatif diperlukan apabila update antivirus tidak dilakukan selain hari Jumat. Bagi pengguna yang jarang melakukan update, sebaiknya melakukan update secara kumulatif. Pada update kumulatif (cumulative update) memiliki cara berbeda untuk menjalankan proses update. Langkah awal adalah melakukan download dan mengekstraknya ke folder khusus.
1. Download file update kumulatif . Klik Here
2. Ekstrak file cumulative.zip ke folder khusus (misalnya cumulative)
Ketika melakukan ekstrak cumulative.zip pada folder cumulative, akan ditemukan pula file update harian yang bernama daily.zip. File update ini harus diekstrak pula pada folder terpisah yang bernama “Daily”.
Langkah selanjutnya adalah memasukkan file-file update BitDefender dengan prosedur di bawah ini (khusus untuk pengguna Windows XP, 2000, NT):
3. Menonaktifkan BitDefender Management Console melalui system tray.
Klik kanan ikon BitDefender di bagian sebelah kanan taksbar (system tray), kemudian pilih “Exit”
4. Menonaktifkan BitDefender melalui fitur Services
Buka kotak dialog “Run” (tombol Windows + R), lalu tulis “services.msc”, kemudian Enter. Di sini akan keluar Windows yang menampilkan daftar item-item services yang sedang bekerja.


5. Menonaktifkan “BitDefender Virus Shield”
Pada kotak Windows “Services”, carilah item yang bertuliskan “BitDefender Virus Shield”. Klik kanan item tersebut, lalu pilih “Stop”.
6. Menonaktifkan “BitDefender Scan Server Services”
Pada kotak Windows “Services”, carilah item yang bertuliskan “BitDefender Scan Server Services”. Klik kanan item tersebut, lalu pilih “Stop”.
Pastikan pada kolom status pada kedua item di atas bertuliskan “Stop”.
7. Melakukan pemindahan file update
Langkah pemindahan harus dimulai terlebih dahulu dari update kumulatif. Duplikasikan (copy) semua file pada folder cumulative, lalu pindahkan ke folder:

C:\Program Files\Common Files\Softwin\BitDefender Scan Server\Plugins\

Jika keluar pesan penggandaan duplikasi, klik “Yes” (overwriting file). Ulangi pula pemindahan untuk folder “Daily” dengan cara yang sama.
8. Mengaktifkan (restart) BitDefender Antivirus Protection
Langkah pengaktifkan dapat dilakukan melalui Services. Jika Windows Services sudah ditutup, buka lagi seperti pada langkah nomor 4.
Carilah item yang bertuliskan “BitDefender Scan Server Services”. Klik kanan item tersebut, lalu pilih “Start”.
carilah item yang bertuliskan “BitDefender Virus Shield”. Klik kanan item tersebut, lalu pilih “Start”.
9. Jalankan BitDefender Management Console melalui Start menu.

KESIMPULAN
Update BitDefender untuk cara offline cukup merepotkan terutama apabila antivirus jarang dilakukan update (versi update kumulatif). Tidak semua pengguna komputer paham dengan cara menggunakan fitur Windows Services. Tentunya cara update offline sangat kurang nyaman bagi mereka yang memiliki pengetahuan komputer terbatas.
Tidak disarankan kepada pengguna untuk menggunakan versi BitDefender berbayar yang dijalankan dengan menggunakan bantuan peretas (crack) ataupun jenis pengacak serial number. Pengembang antivirus sekarang ini sudah melengkapi file update dengan kode pendeteksi keaslian software. Jika diketahui software yang digunakan ilegal, maka secara otomatis antivirus akan memvalidasi aplikasi antivirus dengan menonaktifkan sistem proteksi antivirus.



4 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalau saya masuk save mode, g perlu seting2 yg rep0t, tinggal d c0py file kumulatif, trz d paste.
Hehe

cakka mengatakan...

di bit defender terbaru, saya tidak menemukan setting untuk auto update nya. ada di bagian mana ya setting nya ?

saya mau setting ke monthly update saja

Bulanramadlanseo.blogspot.com mengatakan...

BitDefender itu besar apa kecil gan?
ada bahasa indonesianya

Anonim mengatakan...

kalo udah update offline masih bisa update online

Poskan Komentar

Jika Anda tidak mempunya Akun Google,Facebook maupun Twitter, Gunakan Name/URL.
• Name :
• URL : .com

===============================
Berkomentarlah Dengan Ramah dan Bijak !!!